Rabu, 10 Desember 2008

Aku adalah mata...

Kalian tau kan nama lengkapku...
Mohammad Ainul Ma'ruf


Tapi, apa kalian tau arti namaku...
Bagiku, nama begitu berarti...
Nama adalah sebuah harapan yang dititipkan...


Sejarah namaku...
Kata ayah, namaku adalah nama yang dipesankan oleh almarhum kakekku.
Saat itu, ibuku sedang mengandung anak pertamanya.
Kakekku berkata pada ayahku, "Berilah anak pertamamu itu nama yang baik. Nur Fithriani bila ia dilahirkan sebagai perempuan atau Mohammad Ainul Ma'ruf bila ia dilahirkan sebagai laki-laki."

Karena yang terlahir adalah seorang anak perempuan, maka nama yang pertama disebutkan oleh kakekku itupun menjadi nama kakak pertama.
Nama yang kedua disebutkan oleh kakekku baru tersemat pada cucunya yang keempat, yaitu aku. Tiga orang kakakku semuanya perempuan. Nama dari almarhum kakekku itupun baru terpakai setelah aku lahir, padahal kala aku lahir, kakekku sudah tiada.

Definisi sebuah nama...
Aku pernah bertanya pada ayahku tentang arti namaku.
Tapi, sayang jawabannya kurang memuaskan.
"Mohammad nama nabi Rasul. Ainul artinya mata atau penglihatan. Ma'ruf artinya kebaikan atau yang dikenal."
Kira-kira seperti itu, meskipun kini aku sendiri sudah lupa pada kata-kata ayahku itu. Maklum, bagiku, kurang penting mengingat sesuatu yang tidak aku suka.
Kini, aku mulai merumuskan namaku sendiri...

Mohammad adalah orang yang terpuji, yang sikapnya mencerminkan pribadi yang luhur.

Ainul adalah mata atau pandangan dari mata.

Ma'ruf adalah kebajikan, segala hal yang baik menurut akal dan perasaan manusia yang dituntun oleh Allah sehingga menjadikannya terkenal.

Hehe... masih belum memuaskan juga sih...
Tapi, ngga papalah. Yang pasti, aku sendiri inginnya namaku itu terus dikembangkan maknanya...

Segini dulu ya, tentang namaku...
Jika kamu punya pengertian yang lain dari namaku, silahkan berkomentar di chat box.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Pengikut

Total Tayangan Halaman